Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya sejumlah komponen pada bagian mobil selalu dilakukan pemeriksaan secara detail. Pastikan, selain mobil dapat berjalan dengan baik mobil juga bisa kembali berhenti dengan baik.

Untuk memastikan hal tersebut, bagian yang harus Anda periksa ialah rem mobil. Demikian dilansir situs resmi Nissan.

Efektif atau tidaknya kerja rem mobil nyatanya dapat dilihat dari kondisi kampas rem. Semakin baik kondisi kampas rem maka semakin baik pula kinerja rem mobil, begitu juga sebaliknya.

Kemampuan daya tahan kampas rem tergantung dari jenis mobil dan juga medan yang dilalui. Pada mobil semi truck maupun mobil sport saat digunakan di medan berat, kampas rem tentu harus bekerja lebih keras.

Karena itulah pengecekan secara berkala wajib dilakukan agar keselamatan tetap terjaga. Adapun, ciri kampas rem bermasalah setidaknya bisa dirasakan, antara lain:

1. Bergetarnya Rem

Ciri pertama yang dapat Anda rasakan saat kampas rem mobil bermasalah ialah munculnya getaran saat pengereman, atau bahkan saat mobil berada di kecepatan tinggi.

Getaran tersebut muncul karena kampas rem telah habis, hingga akhirnya saat rem diinjak, cakram pun tak memiliki permukaan yang rata. Getaran ini juga memiliki beberapa tingkatan, saat getaran sudah mencapai setir mobil, itu menandakan bahwa kampas rem mobil Anda sudah benar-benar habis dan harus segera diganti.

2. Muncul Bunyi Saat Pengereman

Ciri lain yang dapat Anda rasakan saat kampas rem mobil habis ialah munculnya bunyi decitan saat menginjak rem. Kampas rem yang sudah menipis hanya akan menyisakan besi di dalamnya, sehingga saat penginjakan rem besi-besi tersebut akan langsung bergesekan dan menimbulkan bunyi berdecit.

Semakin tipis, atau bahkan habisnya kampas rem akan membuat bunyi decitan saat pengereman semakin kencang. Karena itulah, jika Anda sudah mendengar suara-suara aneh pada saat berkendara, sebaiknya segeralah lakukan pengecekan.

3. Kedalaman Rem

Hal terakhir yang dapat mengindikasikan bahwa kampas rem mobil telah habis adalah kedalaman rem. Kedalaman rem yang dimaksud yaitu kondisi saat melakukan pengereman, Anda harus menginjak amat dalam agar rem bekerja.

Hal tersebut tak boleh diabaikan, karena itu menandakan bahwa kampas rem mobil sudah menipis.